Acara sosialisasi ini diharapkan menjadi titik nol langkah kegiatan RSM di tahun 2012. Dengan adanya kesatuan visi, misi dan tujuan yang hendak dicapai, semoga RSM menjadi lebih maju dan membantu lebih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan. Semoga! (okt.)
SOSIALISASI RENCANA KERJA, KEBIJAKAN DAN PENGUATAN VISI, MISI, NILAI RSM 2012
Menindaklanjuti hasil Rapat Kerja Tahunan Yayasan Dompet Sosial Madani (DSM) Bali, bertempat di kediaman Ibu Brenda yang cukup asri di kawasan Singapadu, Gianyar, pada hari Minggu, 12 Februari 2012 Rumah Sehat Madani (RSM) melakukan sosialisasi rencana kerja dan kebijakan manajemen RSM; serta penguatan visi, misi dan nilai-nilai kepada seluruh staf karyawan RSM mulai dari level direktur hingga ke level cleaning service.
Dengan mengangkat tema “Kita ada untuk Melayani, Bukan Untuk Dilayani”, setiap karyawan diingatkan kembali bahwa keberadaan mereka di RSM bukan semata-mata untuk bekerja demi mendapatkan gaji saja, namun lebih ditekankan bahwa RSM ada untuk melayani setiap masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan dengan hati. Oleh karena itu, dalam proses pelayanan harus didasari atas cinta kepada sesama. Karyawan RSM seharusnya berbangga hati karena terlibat langsung dalam proses pemberian pelayanan kesehatan kepada semua orang, baik mampu atau tidak mampu. Karena disinilah titik lebihnya, yaitu bekerja sambil beramal soleh.
Untuk menguatkan materi, dilakukan permainan peran yang melibatkan karyawan sebagai petugas pendaftaran pasien dan yang lain sebagai pasien yang mendaftar hendak berobat. Pada adegan pertama, petugas pendaftaran bersikap ogah-ogahan melayani. Tampak dari keengganannya untuk menjawab salam dan melayani serta malah asyik bermain dengan telepon genggamnya. Pada adegan kedua, petugas pendaftaran nampak sigap dan antusias melayani pasien. Ada kontak mata intensif di sini. Semua peserta kompak memilih bahwa yang lebih nyaman adalah saat adegan kedua Begitu pula yang diharapkan dari pelayanan yang diberikan oleh seluruh karyawan RSM. Pelayanan dari hati akan membuat pasien merasa nyaman dan tidak segan-segan datang kembali untuk berobat di RSM.
Materi-materi yang disampaikan oleh tim manajemen disambut antusias oleh seluruh peserta. Terbukti dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Beberapa pertanyaan tidak dapat segera dijawab karena membutuhkan kajian lebih lanjut di pertemuan-pertemuan berikutnya,
Label: Berita